• 11 Jan
  • 5 Manfaat Diet Vegan: Bikin Langsing dan Hindarkan Penyakit

    Dari berbagai macam jenis diet yang kini tengah populer, diet vegan menjadi salah satu jenis diet yang juga banyak diterapkan. Diet ini diyakini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh sis. Pelaku diet ini sama sekali tidak mengonsumsi makanan hewani seperti daging ternak, daging unggas, ikan, susu, telur dan produk olahannya.

    Selain membantu proses detoksifikasi, ternyata ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan melalui diet vegan yang tepat dan seimbang. Beberapa di antara manfaat tersebut adalah :


    1. Jelas, menurunkan berat badan merupakan salah satu tujuan utama diet

    Dikutip dari Daily Mail, salah satu penelitian menyebutkan bahwa peserta yang menerapkan diet vegan memiliki penurunan berat badan 2,5 kg lebih banyak dibandingkan peserta yang tidak menerapkannya.
    Diet vegan yang kaya akan konsumsi serat dapat menunda pengosongan lambung dan menyeimbangkan gula darah. Kondisi ini pun membantu membuat tubuh kenyang lebih lama dan mencegah lapar berlebih.


    2. Ternyata, diet vegan juga menurunkan risiko penyakit kanker

    Konsumsi cukup serat pada diet vegan selain membantu proses penurunan berat badan juga membantu menurunkan risiko kanker kolorektal. Sebelumnya World Health Organisation (WHO) pernah menyebutkan konsumsi daging merah terlalu banyak dapat memicu kanker. Risiko ini pun diyakini bisa diturunkan dengan mengonsumsi cukup sayur-sayuran dan buah.


    3. Selain Kanker, menurunkan risiko penyakit jantung juga

     Studi tahun 2012 lalu yang dilakukan oleh Public Health Nutrition menemukan bahwa mereka yang menerapkan diet vegan memiliki risiko terendah untuk mengalami tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang signifikan dari penyakit jantung.


    4. Risiko terkena penyakit arthritis pun bisa kamu kurangi dengan diet vegan

    Selain menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, diet vegan juga membantu menurunkan risiko penyakit arthritis. Studi telah menunjukkan mereka yang mengidap arthritis mengalami penurunan rasa sakit dan bengkak di sendi setelah menerapkan diet vegan. Bagi mereka yang masih sehat, penerapan diet vegan pun diyakini dapat membantu menurunkan risiko terserang arthritis.


    5. Risiko terkena diabetes pun terpangkas dengan sendirinya

    Staf ahli Indonesian Vegetarian Society, dr Henry Widjaja, MARS, menyebut diet vegan terbukti bisa mengontrol HbA1c, yakni komponen sel darah merah yang mengandung gula. HbA1c umum digunakan untuk menggambarkan kondisi diabetes.

    Mengutip sebuah penelitian, dr Hendry menyebut diet vegan, low fat, dab low glicemic index, diet amazing  lebih efektif menurunkan HbA1c dibandingkan diet yang dianjurkan dalam guideline American Diabetic Association (ADA). Diet ADA masih memperbolehkan asupan daging, dengan batasan kolesterol maksimal 300 mg.
    Itu dia beberapa manfaat diet vegan sis, kalau kamu, sudah menentukan pilihan diet belum? Kalau masih bingung, diet dengan jus dan salad Amazing Farm aja yuk!

     

Related Articles